Rabu, 22 Desember 2010

BAHAN KIMIA PENJERNIH

BAHAN KIMIA UNTUK MENJERNIHKAN AIR

A. SITRUNSIR.

Adalah bahan berbentuk kristal putih,rasanya asam ,jika dicairkan dalam air tidak berbahaya jika diminum, tetapi jika berlebihan akan mengakibatkan diare dan tipes parah.
Sitrunsir bisa digunakan untuk menjernihkan air,tetapi bisa juga digunakan untuk merontokkan kotoran,merontokkan lumut di kamar mandi, serta bisa juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan minuman. Beberapa minuman yang biasanya menggunakan pengawet sitrunsir adalah : sprite, marimas,nuterisari,sirup,teh kita, teh sisri, oki bolo drink, dll.
Sedang kan makanan yang menggunakan pengawet sitrunsir adalah : manisan, jelli,jem,selai,dll.
Biasanya makanan ikan hias diberi pengawet sitrunsir juga untuk mempertahankan kejernihan airnya.

CARA MENGGUNAKAN SITRUNSIR
a. Untuk menjernihkan air : masukkan sitrunsir ke dalam air yang akan dijernihkan tunggu kira-kira 5 menit, barulah air berubah lebih jernih.
b. Untuk merontokkan kotoran : rendam baju-baju yang kotor dengan air sedikit, masukkan sitrunsir dengan perbandingan : 1 sacset = 20 baju selama 5 menit , kemudian di cuci seperti biasa, maka baju akan menjadi lebih bersih, walaupun jumlahnya banyak.
c. Untuk merontokkan lumut : cairkan 1 sacset sitrunsir dengan segelas air, sapukan cairan tersebut pada dinding kamar mandi dan lantai, setelah 5 menit gosok pelan-pelan sampai bersih maka lumut lebih mudah rontok.
d. Untuk mengawetkan makanan : campurkan 1sendok makan sitrunsir ke dalam 3 liter sirup, agar sirup lebih tahan lama.

B. OSASIR.
Adalah bahan berbentuk tepung putih rasanya pahit, berbahaya jika tertelan(diminum), karena beracun. Osasir bisa digunakan untuk menjernihkan air, tetapi untuk mandi dan mencuci saja. Osasir bisa juga digunakan untuk merontokkan kotoran dan lumut, tanpa menunggu 5 menit.

CARA MENGGUNAKAN OSASIR

a. Untuk menjernihkan air : masukkan bubuk osasir ke dalam air yang akan dijernihkan , kemudian perhatikan perubahannya.
b. Untuk mencuci baju : rendam baju-baju yang sangat kotor denan sedikit air, masukkan osasir dengan perbandingan 1 sendok makan = 20 baju , ditambah sabun cuci. selama 2 menit baju siap dibilas.
c. Untuk merontokkan lumut di kamar mandi : cairkan 1,5 sendok makan osasir dengan segelas air, kemudian gosoklah dinding kamar mandi ,kemudian dibilas hingga bersih.

C. KAPORIT.
Adalah cairan berwarna bening berbau tidak enak dan menyengat, rasanya pahit, jika tertelan bisa menyebabkan muntah- muntah dan cukup berbahaya, tetapi kaporit di Jawa timur, digunakan untuk menjernihkan air ledeng, sedangkan di kolam renang biasanya juga menggunakan penjernih air kaporit. Kaporit bisa juga digunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah kecoklatan warnanya.

CARA MENGGUNAKAN KAPORIT
a. Untuk menjernihkan air : masukkan kaporit ke dalam air yang akan dijernihkan tunggu kira-kira 1 jam maka air akan menjadi jernih, bersih, dan bebas kuman.
b. Untuk memutihkan baju : campur 3 liter air dengan 2 sendok makan kaporit, kemudian masukkan baju yang akan diputihkan, direndam selama 24 jam, kemudian dicuci dengan sabun cuci dan dibilas sampai bersih.

D. TAWAS.
Adalah batu bening yang mengandung bahan penjernih air.
CARA MENGGUNAKAN TAWAS
a. Untuk menjernihkan air : masukkan tawas ke dalam sumur atau air yang akan dijernihkan dengan perbandingan 1 ons untuk 200 liter air., ditunggu kira-kira 1 jam, maka air akan berubah lebih jernih.
b. Untuk menghilangkan lumut : rendam tawas dalam segelas air , kemudian airnya untuk membersihkan kamar mandi sampai bersih.
c. Untuk menghilangkan bau badan : ambil tawas , gosokkan pada ketiak , maka burket hilang dan bau badan lebih segar.

1 komentar: